Senin, 01 Juli 2013

Jeprat - Jepret

I mean, who can resist capturing the moments, either humans or nature, when you're living in such a paradise?

Akhir - akhir ini gue lagi tergila - gila motoin segala sesuatu yang menurut gue menarik. Sebenernya sejak kecil sih, sedari jaman kamera masih harus pake film roll, trus kalo blm abis trs dibuka angus deh gambarnya bahahaha cuma bedanya dulu gue suka aja jepret2. Gatau itu indah apa ga pokonya jepret hahaha belakangan gue baru tau dari taun 60an eyang kakung gue juga demen moto pake slr analog, sampe punya ruang gelap buat cetak foto dirumah. Ya buah jatuh agak jauh dari pohon sih, secara emak gue biasa aja sama poto2an.
terkadang suka envy. Secara gue kuliah di jurusan arsitektur yang (mungkin ga terduga sm banyak orang) di dalemnya ada kelas fotografi. Dengan dosen yang ngomongnya pedes, ya wajar doi arsitek sekaligus fotografer profesional yang gelarnya udah lebih panjang dari namanya. Bocah - bocah di tempat gue, jujur aja, sebagian besar punya uang atau punya orangtua yang punya banyak uang buat beliin gear yang keren - keren. Beberapa gear nya biasa aja, tapi emang mereka udah terlatih dan memang bakat kali ya. Gue sendiri ga punya gear, dan berharap cepet dapet kerja biar bisa beli kamera :')
gue tetep seneng fotofoto tapinya. Pake hape kek, camdig kek. Soalnya yang menarik bagi gue nomer satu sih keisengan nyoba2 angle foto dan kejelian ngeliat scene bermakna yang bisa dijepret. Dan gue menemukan kalo ngambil matakuliah fotografi arsitektur itu sangat membantu gue. Yang paling ngena adalah, sense buat cahaya dan bayangan. Selanjutnya, tentang komposisi baik bentuk maupun perbandingan ukuran. Dan secara ga langsung gue jadi peka sama banyak hal, dari fenomena sosial, keindahan, detail, dll. Ciyus. Karena di fotografi arsitektur ga melulu jepret bangunan, jarang malah. Foto favorit gue masih bocah yang sujud di istiqlal sih, sama foto ban motor #penting. Mauliat ga?instagram gue : pradiptadippy. Haduh kenapa gue ngiklan baris disini.lanjut.
jiper karena temen udah lebih pro, jiper karena gapunya gear, udah sering gue rasain. Trus kemaren gue liat di instagram foto temen gue, instagramnya : adriantjahjono sama reynaldododo. Doi bedua gokil banget skrg mungkin karena mereka bukan cuma punya gear yang asik tapi gue tau mereka belajar banyak :') trus gue ngobrol sm adrian. Kata dia gausah peduli gear kenapa mesti jiper. Latihan sm yang ada dulu. Hiks. Bener ya. Ngapain iri. Gue jadi semangat, meskipun bermodal hp gue bs belajar angle, komposisi, sama makna foto. itu juga yang dibilang senior gue, dia lebih gokil sih. Liat aja instagramnya : dsoedjito.
intinya belajar foto itu cuma satu : menghargai keindahan yang sudah ada (meskipun kadang diperhatikannya) dengan cara mengabadikannya. Definisi indah banyak sih, dan sejeli apa kita melihat 'keindahan' itu adalah tolak ukur seorang fotografer yang sebenarnya. Happy capturing! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar